Negeri Iwaka

Negeri Iwaka
Odie

Minggu, 09 Mei 2010

Kimbeli


Kimbeli adalah kawasan adat suku Amungme dan area kebun milik marga Natkime terletak dekat desa Banti. Kawasan tersebut dihuni oleh suku Dani, Damal dan Moni, sehingga membentuk sebuah pemukiman liar. Karena alasan tertentu mereka datang dengan cara berjalan kaki dari kampung Sugapa, Beoga dan Ilaga. Sedangkan sebagian kelompok lainnya datang dari dataran rendah Timika.

Sebelum era Kimbeli, kelompok yang sama membuat pemukiman di Utekini Lama dan Pindah Baru di lembah Waa. Masih merupakan wilayah adat milik marga Natkime. Karena alasan rawan longsor dan menghindari konflik perang antar suku Dani dengan suku Amungme, pemerintah dengan dukungan perusahaan memindahkan mereka ke dataran rendah Timika (sekarang SP XII dan SP IX) .

Namun, tidak semua warga yang ikut dalam program pemindahan tersebut. Dengan persetujuan tokoh-tokoh masyarakat suku Amungme beberapa marga asal suku Damal, Moni dan Dani dipersilahkan tinggal di daerah Kembeliogom.

Karena di lokasi yang baru di dataran rendah banyak warga pindahanini banyak terkena malaria maka sebagaian diantara mereka (suku Damal,Dani dan Moni) kembali ke Kembeliogom dengan alasan di Timika terlalu panas dan mereka sering sakit malaria, dan alasan lainya adalah mau mencari pekerjaan di PT. Freeport serta alasan ikut keluarga.. sementara laporan CLO High Land (Agustus 2007) menunjukkan alasan, dan pendulangan menjadi bidang pekerjaan baru yang menjanjikan, karena bisa mendapatkan uang tiap minggu.

Saat ini diperkirakan lebih dari 3000 jiwa warga dari suku Dani, Moni, Damal termasuk pendatang dari luar papua yang bermukim di Kembeliogom atau Kembeli serta disepanjang Kali kabur (Aganatogom) hingga Utikini Lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar