Negeri Iwaka

Negeri Iwaka
Odie

Rabu, 10 Maret 2010

LPMAK bangun Micro Hydro
Mendukung Pendidikan Pola Asrama

Terdapat dua Sekolah Dasar di Desa Lembah Tsinga. Pendidikan dasar di kampung Bebilawak hanya sampai kelas tiga saja. Sedangkan, kelas empat sampai enam dilanjutkan ke pusat pemerintahan desa Beanakogom sehingga pendidikan dasar diatur sampai kelas enam.

Anak – anak kelas 4 - 6 dari kampung sekitarnya harus menempuh perjalanan pagi sekali bila sekolah mulai pukul 7.30. Biasanya mereka menempuh perjalanan sekitar 1 hingga 2 jam berjalan kaki melewati lerang-lereng gunung yang sangat berbahaya. Bayangkan bila hari hujan. Kadang-kadang mereka harus bermalam dengan keluarga kerabat di Beanekogom.

Untuk mengatasi masalah akomodasi tersebut akan dibangun Asrama Pelajar di Beanekogom. Sebagai tahap awal Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme Kamoro (LPMAK) bekerjasama dengan Universitas Papua (UNIPA) saat ini sedang membangun pembangkit Listrik tenaga Micro Hydro berkapasitas 15 KV. Proyek tersebut dikerjakan sejak April 2009, Namun kondisi keamanan di PTFI yang kurang kondusif maka sekitar 30% pekerjaan yang tertunda hingga 15 Februari 2010. Menurut Yulianus Pasali salah seorang tenaga ahli proyek ini diharapkan selesai paling lambat akhir Maret.

Instalasi di perumahan sudah selesai. Warga sedang menonton Film di Gereja Bethel BeanakoghomDua pekerjaan yang membutuhkan waktu adalah pemasangan penstock dari intake gates ke power house jaraknya sekitar 250 meter dan pemindahan beberapa alat (mesin) dari perumahan melewati jembatan dan sungai. Untuk pekerjaan instalasi sudah diselesaikan.

Asrama yang akan dibangun nantinya akan diperlengkapi dengan berbagai fasilitas multimedia penunjang belajar sehingga listrik sangat dibutuhkan untuk penerangan dan operasionalnya .

Karena Micro hydro yang dibangun ini ada kelebihan power maka dimanfaatkan juga oleh mayarakat untuk penerangan terbatas serta beberapa fasilitas umum seperti gereja, Klinik dan juga mesin kopi yang ada di Beanekogom.. Sehingga di perumahan penduduk tidak disedikan core extention

Tidak ada komentar:

Posting Komentar